Seno Aji, Ajak Mahasiswa Unmul Terlibat Aktif dalam Politik

Caption: Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji.

Akupedia.id, Samarinda – Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap dinamika politik dan kepemimpinan, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji, memberikan kuliah umum di Kantor DPRD Kaltim pada Jumat lalu. Dalam acara yang dihadiri puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Pemerintahan Unmul, Seno berbagi wawasan tentang peran DPRD sebagai lembaga legislatif dan urgensi mahasiswa dalam proses politik.

Baca juga  Banyak Masyarakat Butuhkan Pendampingan Hukum, Pemprov Kaltim Diminta Segera Terbitkan Pergub Bantuan Hukum

Dengan penuh semangat, Seno menggambarkan visi DPRD sebagai perwakilan rakyat yang bertanggung jawab untuk memayungi seluruh lapisan masyarakat. Fokusnya pada fungsi legislasi, Seno menyatakan,

“Kita bisa membuat aturan yang memberikan keberpihakan kepada masyarakat. Visi misi kita adalah kepentingan rakyat.”

Sesi kuliah juga mencakup pemahaman tentang kepemimpinan dan tugas pokok DPRD. Seno menekankan bahwa pemimpin memiliki peran krusial dalam kesuksesan pembangunan daerah.

“Bagaimana pemimpin mengambil keputusan strategis, mengelola sumber daya, serta mempengaruhi kebijakan, sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga  DPRD Kaltim Antusias Sambut Kepemimpinan Baru di Bank Indonesia: Budi Widihartanto Resmi Dilantik

Tidak hanya memberikan perspektif, Seno mengajak mahasiswa untuk aktif terlibat dalam politik. Ia menyoroti pentingnya anak-anak fisip untuk menjadi agen perubahan yang santun dan berkontribusi positif dalam dunia politik.

“Politik bukan hanya untuk dijelek-jelekkan, tapi juga untuk diperbaiki dengan keterlibatan aktif,” ungkapnya.

Dalam konteks tugas DPRD, Seno menjelaskan tiga fungsi utamanya: legislasi, pengawasan, dan anggaran. Ia juga menyoroti hak-hak DPRD, seperti interpelasi, angket, menyatakan pendapat, dan mengajukan Raperda.

Baca juga  PAW Dua Anggota DPRD Kaltim dan Perubahan Partai

“Mahasiswa harus melek politik dan ikut terlibat untuk memastikan politik diisi oleh orang-orang yang baik,” tandasnya.

Harapannya, kuliah umum ini menjadi pemicu semangat mahasiswa Unmul untuk lebih terlibat dalam aktivitas politik dengan kesantunan, menjauhi stereotip negatif, dan menjadi agen perubahan positif dalam pembangunan masyarakat.

 

AD/DRPD/FR/88

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved