Langkah Revolusioner Kaltim dalam Pengembangan Peternakan!

Sapto Setyo Pramono

Akupedia.id, Samarinda – Sebagai langkah terobosan yang luar biasa, anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) telah mendorong pemerintah provinsi untuk memulai pemetaan komprehensif tentang zona peternakan di seluruh wilayah, sejalan dengan kabupaten dan kota-kota di daerah tersebut. Langkah visioner ini bertujuan memberikan kejelasan dan ketepatan alokasi zona peternakan, yang sesuai dengan rencana pembangunan provinsi.

Sapto Setyo Pramono, tokoh penting dalam Komisi II, menekankan perlunya visi jangka panjang untuk menciptakan zona peternakan yang berkelanjutan di Kalimantan Timur (Kaltim). Tujuh wilayah berbeda telah ditetapkan untuk kegiatan peternakan yang spesifik, mengoptimalkan sumber daya dan potensi. Sebagai contoh, kota Samarinda akan menjadi pusat bagi peternakan ayam bertelor, sementara beberapa kabupaten seperti Berau, Kutai Timur (Kutim), Penajam Paser Utara (PPU), dan Paser akan memimpin sektor peternakan sapi. Sementara itu, Kutai Barat (Kubar) ditetapkan sebagai pusat bagi peternakan babi di provinsi ini.

Baca juga  Studi Banding di Jogja, DPRD Kaltim Rancangkan Agenda Baru

Panggilan Pramono ini menegaskan pentingnya mengolah dan mendefinisikan titik-titik fokus untuk perluasan peternakan di Kaltim. Pendekatan strategis ini memastikan bahwa semua inisiatif dan sumber daya digunakan secara efektif, sejalan dengan kemampuan dan peluang unik yang dimiliki oleh masing-masing wilayah.

Aspek penting lain yang ditekankan adalah integrasi terbaru peternakan ke dalam lingkup yang lebih luas dari sektor pertanian dan perkebunan, sebagaimana yang diatur oleh peraturan terbaru. Hal ini memerlukan pendekatan yang lebih rinci dan terkoordinasi dalam mengkategorikan dan mengelola zona-zona yang saling terkait ini.

Baca juga  Sapto Bicara Peningkatan Layanan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan

“Tantangannya adalah untuk memastikan zona-zona mana yang paling cocok untuk peternakan, sehingga program-programnya dapat mencapai sasaran yang diinginkan,” paparnya.

Pramono telah memulai diskusi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur, menunjukkan komitmennya yang teguh terhadap sektor peternakan.

“Langkah awal dalam menyelaraskan wilayah dengan kabupaten-kabupaten telah dimulai, membuka jalan bagi diskusi yang lebih komprehensif di masa depan,” katanya.

Baca juga  KPK Gelar Rakor di Kaltim, Pencegahan Korupsi di Badan Usaha Jadi Perhatian

Pendekatan inovatif di Kalimantan Timur ini memiliki potensi untuk mengubah lanskap peternakan, membuka jalan bagi pertumbuhan strategis yang tidak hanya bermanfaat bagi perekonomian lokal, tetapi juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dengan merencanakan, mengkategorikan, dan menargetkan zona peternakan dengan cermat, Kalimantan Timur bertujuan untuk menaikkan standar dalam sektor peternakan Indonesia, memberikan contoh bagi wilayah lain untuk mengikuti. Masa depan terlihat cerah seiring berjalannya inisiatif visioner ini, yang menawarkan pedoman bagi pengembangan pertanian dan peternakan cerdas di seluruh provinsi.

ADV/DPRD/FR/73

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved