DPRD Kaltim Prioritaskan Koordinasi untuk Optimalisasi Anggaran di OPD

Pertambangan
Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji.

Akupedia.id, Samarinda – DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan tekad yang kuat menghadapi capaian serapan anggaran yang rendah di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), berencana menjalin kerjasama erat dengan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

DPRD Kaltim menganggap bahwa inisiatif ini merupakan bagian integral dari fungsi pengawasan yang mereka emban dan merupakan langkah proaktif untuk memaksimalkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Wakil Ketua Komisi DPRD Kaltim, Seno Aji, dengan tegas mengakui kebutuhan akan tindakan yang terukur untuk menghadapi tantangan serapan anggaran. Ia menjelaskan bahwa salah satu peran DPRD adalah untuk melakukan pengawasan yang cermat terhadap penggunaan anggaran daerah.

Baca juga  Kemiskinan Ekstrem Picu Stunting, Ananda Ajak Masyarakat Kreatif Bikin Pekarangan Buah dan Sayur di Rumah

Dalam kerangka ini, Seno Aji menekankan perlunya perencanaan langkah-langkah strategis sebelum tahun berganti agar penggunaan anggaran dapat dioptimalkan.

Beberapa OPD yang mendapat sorotan dalam konteks ini mencakup Dinas PUPR (Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat) Kaltim dan Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Kaltim. Seno Aji menekankan perlunya memberikan perhatian ekstra terhadap kinerja dan capaian anggaran OPD ini, sejalan dengan komitmennya untuk mendorong efisiensi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana publik.

Baca juga  Perda Pencegahan Narkotika Terus Dilakukan, Agus Suwandy : Sebagai Upaya Menginformasikan Ke Masyarakat

“Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi serapan anggaran adalah proses pembayaran kepada pihak ketiga yang masih berada dalam tahap pelaksanaan. Dalam konteks ini, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim memberikan informasi berharga, menggarisbawahi pentingnya menyelesaikan pembayaran kepada pihak ketiga sebagai salah satu kunci untuk meningkatkan serapan anggaran,” ungkkap Seno.

DPRD Kaltim percaya bahwa melalui koordinasi yang erat dengan Pj Gubernur Kaltim, mereka dapat menghasilkan tindakan konkret yang akan mengatasi masalah serapan anggaran yang rendah di OPD. Mereka berkomitmen untuk memastikan bahwa anggaran daerah digunakan dengan seefisien mungkin untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan daerah.

Baca juga  Safuad Giat Dialog Rakyat Bahas APBD di Singa Gembara Kutai Timur

Upaya ini juga akan mempertimbangkan berbagai faktor lain yang dapat memengaruhi serapan anggaran, termasuk evaluasi proses pembayaran kepada pihak ketiga. DPRD Kaltim bertekad untuk terus memantau perkembangan dan memberikan solusi yang terbaik dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran daerah di Kaltim demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

ADV/DPRD/FR/49

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved