Kukar Juara Bertahan 6 Kali Berturut MTQ Tingkat Provinsi, Samsun: Apresiasi dan Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Baca Quran

Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.
Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Prestasi putra daerah kembali datang dari Kutai Kartanegara (Kukar). Gelar juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023 berhasil diraih Kafilah asal Kota Raja Tenggarong.

Gelaran MTQ telah berlangsung selama sepekan penuh, mulai 14 hingga 21 Mei 2023 di Kota Balikpapan.

Prestasi tersebut membuat Kukar sukses mempertahankan gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi selama 6 kali berturut-turut.

Wakil Ketua DPRD Kaltim dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara, Muhammad Samsun sampaikan ucapan selamat atas capaian prestasi yang terus dipertahankan kafilah Kukar.

Baca juga  Lahan Sisa Pertambangan di Desa Mulawarman Menjadi Lumbung Jagung, Samsun Terus Kawal Aspirasi Masyarakat

“Dua perolehan piala bergilir sudah menjadi milik Kutai Kartanegara sesuai dengan target 6 kali juara bertahan. Artinya piala bergilir sudah menjadi piala tetap Kukar,” kata Muhammad Samsun.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut juga berharap agar prestasi-prestasi yang telah diraih mampu untuk terus dipertahankan.

Terhadap seluruh pembina MTQ serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang telah melakukan pembinaan secara berjenjang dan menghasilkan prestasi yang cukup membanggakan, Samsun tidak lupa sampaikan apresiasinya.

Baca juga  DPD PDIP Kaltim Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

“Kami bangga dan sangat mengapresiasi para kafilah dan tentunya terhadap pembina MTQ karena terus melakukan upaya sehingga mendapatkan hasil yang maksimal pula,” kata Muhammad Samsun, Senin (22/5/2023).

Meski begitu, Samsun mengajak agar para kafilah maupun pembina MTQ bisa memanifestasikan bahwa ke depan capaian itu bukan hanya di tingkat Provinsi saja, tetapi bisa sampai pada kancah nasional dengan terus melakukan evaluasi serta latihan.

Baca juga  Rencana Pemindahan 6 Ribu Warga Yogyakarta ke IKN Nusantara Menuai Kontroversi di DPRD Kaltim

Lebih jauh, telah diketahui bersama bahwa tujuan dari MTQ ialah membumikan ajaran alquran serta menegakkan syiar Islam guna perkokoh nilai agama dalam sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

“Sehingga selain menjadi ajang silaturahmi bersama, melalui MTQ ini, kafilah maupun masyarakat lainnya dapat tergerak untuk melestarikan budaya membaca alquran sebagai amalan keseharian dan memahami maknanya,” tandas Samsun.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Frisca)

Berita Lainnya

© Copyright 2022 - 2023 Akupedia.id, All Rights Reserved