Sinkronisasi Skema Kegiatan, Tim Banmus Kaltim Kunker Ke DKI Jakarta

Foto : Tim Banmus DPRD Kaltim, Agiel Suwarno.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Anggota Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kaltim Agiel Suwarno melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta pada tanggal 29-31 Maret 2023, untuk melakukan studi banding terkait teknis kerja dimana ada beberapa skema kegiatan Banmus DKI Jakarta yang belum pernah dilakukan di DPRD Kaltim.

Agiel Suwarno yang merupakan Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, beberapa skema dimaksud seperti halnya mencontoh Legislatif DKI Jakarta yang mana selalu mengikutsertakan unsur Pemerintah Provinsi dalam setiap agenda rapat.

Baca juga  Sarkowi V Zahry: IKN, Bukan Hanya Proyek Infrastruktur, Tetapi Inisiatif Berkelanjutan!

Karena, sejauh ini ketika Banmus Kaltim melakukan rapat, tidak pernah mengundang unsur dari Pemerintah Provinsi. Padahal hasil rapat banmus sudah seharusnya diketahui tim pemerintah.

Dalam kesempatan ini juga Tim Banmus Kaltim mencoba mengkonsultasikan sinkronisasi jadwal kerja. Karena kerap kali ketika DPRD Kaltim melakukan paripurna tidak dihadiri langsung oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dengan alasan jadwal yang bertabrakan.

Baca juga  Maulid Nabi, Samun Sampaikan Pesan Terhadap Masyarakat dari Faham Radikalisme

“Sehingga yang mestinya gubernur hadir menjadi tidak. Contohnya seperti saat pengesahan perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tidak dihadiri gubernur karena agenda yang tidak sinkron,” kata Agiel, Senin (3/4/2023).

Selain itu, hal lain yang tim banmus kaltim coba konsultasikan yakni mengenai DPR DKI Jakarta yang ternyata bisa melaksanakan kunjungan kerja hingga ke luar negeri. Ini bahkan belum pernah dilakukan oleh DPRD Kaltim, kata Agiel.

Baca juga  Samsun Siap Giring Realisasi Anggaran di Kukar

“Tapi bukan berarti itu menjadi tujuan kita, Namun bagaimana mensinergikan antara kebutuhan kita yang sesuai dengan akan mencontoh dari DPR DKI Jakarta,” sambung Agiel.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/ADV/Frisca)

Berita Lainnya