Studi Banding di Jogja, DPRD Kaltim Rancangkan Agenda Baru

Muhammad Samsun Wakil Ketua DPRD Kaltim Lakukan Kunjungan Ke Yogyakarta Dalam Rangka Studi Banding.
Muhammad Samsun Wakil Ketua DPRD Kaltim Lakukan Kunjungan Ke Yogyakarta Dalam Rangka Studi Banding.

Portalborneo.or.id, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mendampingi Badan Musyawarah (Banmus) melakukan kunjungan ke DPRD Yogjakarta dalam rangka studi banding terkait penjadwalan kegiatan dewan.

Samsun mengatakan, ada beberapa kegiatan DPRD yang perlu di sinkronisasi di Kaltim dengan mengacu dari pengalaman wakil rakyat di DPRD provinsi lain (di luar kaltim).

Baca juga  Semangat Hari Sumpah Pemuda Menggelora di Kaltim: Pemuda Siap Berkontribusi dalam Membangun IKN

“Misalnya ada kunjungan kerja dapil, ini di Kaltim masih belum teragendakan,” kata Samsun.

Diterangkan wakil rakyat dapil Kutai Kartanegara ini bahwa Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) di Kaltim sudah teragendakan, namun Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) yang belum.

“Sospernya di sana (Yogja) satu bulan 4 kali, kalau di Kaltim sebulan hanya 1 kali,” kata Samsun.

Baca juga  Baznas Akan Beri Bantuan Kepada Para Guru, Sri Puji Astuti : Merupakan Langkah Tepat

Padahal kegiatan sosialisasi seperti demikian adalah dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi DPRD bagaimana fungsinya sebagai perwakilan rakyat, dan untuk benar-benar menjadi perwakilan rakyat di wujudkan dalam interaksi bersama rakyat pula.

Samsun mengaku kalau selama ini cara pendekatan bersama rakyat kerap dilakukan dengan gelaran serapan aspirasi atau reses saja yang dalam kurun waktu 4 bulan sekali atau 1 kali masa sidang.

Baca juga  Ananda Emira Moeis Sorot Marak Kasus Bullying di Kaltim

Hal itu dirasa masih kurang banyak momen yang diciptakan untuk terus bertemu dan berkumpul dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi dan sebagainya.

“Nah itu mesti dijadwalkan dalam Banmus maka dari itu kita mencari refrensi, dan selama refrensi itu bermanfaat maka kita akan lakukan,” tukasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Fris)

Berita Lainnya